Langsung ke konten utama

Wadas, Gagal ataukah Menang?

Rahmat Watimena/ Kader HMI Al-Tsawrah/ Mahasiswa UNISMA

Malang, LAPMI - Secara garis besar jika kita lihat secara gamblang bahwa perlawanan masyarakat Wadas dan aktivis jika di tinjau secara sosial, sah pemerintah salah dalam menetapkan kebijakan yang di setujui, bagaimana jika kita lihat dari tinjauan konstruksi.

Bagi-bagi hasil jarahan, menuju komoditi yang baik pula 

"La La la la la la la la la"

"Ha ha ha ha ha ha ha ha hah"

Nyatanya salah satu dampak jika proses ini dimenangkan rakyat maka yang akan kena dampak akan rugi ini adalah pihak konsultan dan pihak kontraktor.

"Pihak konsultan dan kontraktor ini apa mas mbak, mbak mas? sejenis kopi Ireng, ataukah tahu walik?"

Okeh kita lanjutkan yaa, saya mulai dulu dari pihak konsultan sendiri terbagi lagi menjadi dua, perencanaan dan pengawasan

"Kok, angel yaa mas"

Okeh kita lanjutkan lagi, sebelum itu saya perlunya perkenalkan apa itu konsultan. Konsultan biasanya  berupa badan usaha ataupun perorangan, sebagai peyedia jasa yang di minta oleh owner, biasanya terhimpun dan memiliki beberapa bidang keahlian arsitektur, elektrikal, mekanik dan lain-lain.

"Mas mbak, mbak mas, tadi ada percanaan dan pengawasan dalam konsultan bedanya Oppo?"

"Seperti Vivo, iPhone, dan Samsung?"

"Iya, iya iya betuollllll"

KONSULTAN PERENCANA 

Konsultan perencana melakukan tanggung jawab dengan melakukan spesifikasi bangunan dijelaskan dengan detail yang mana sebagai merencanakan struktur, mekanikal, elektrikal, arsitektur, landscape, serta dokumen-dokumen yang akan diajukan sebagai kontrak kerja, untuk mendapatkan proyek biasanya dilakukan proses lelang yang diadakan oleh  panitia lelang pekerjaan konstruksi. Kalau mau lanjut kan itu ada satu hal lagi di zaman era yang tak strukral ini, begini begini...

"Aku bukan babi, aku juga tidak buta, tapi aku mencintaimu membabi buta " 

"Okeh tenang kita, belumlah setengah perjalanan yaa "

Lanjut guysss....

KONSULTAN PENGAWAS

Konsultan pengawas adalah  badan usaha atau perorangan yang ditunjuk oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan pengawasan. Dalam mengawasi proyek konstruksi, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya masing-masing seperti teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik dan lain-lain sehingga sebuah bangunan dapat dibangun dengan baik dalam waktu cepat dan efisien.

Sampai di situ pahamlah yaa, secara garis besarnya adalah yaitu sebelum kerja tentunya ada pra-kerja itu yang kita temukan dalam kedua corak ini, tapi bukan itu saja yang menjadi bagian dari peyedia jasa ada lagi kontaraktor .

"Ora paham a?"

"Mas mbak, mbak mas"

"Women  masih ada kata men nya"

"Di akhir kata mencintai terselip tai"

"Ada juga manusia, teselipit kata sia kalau manusia-manusia berarti sia-sia"

"Ahahahhaha"

Sementara itu kita lanjutkan lagi.....

KONTRAKTOR adalah pihak yang ditunjuk oleh owner sebagai pelaksana proyek, pihak ini yang akan melaksanakan proyek dengan proses perencanaan yang sudah disiapkan oleh konsultan untuk dihasilkan kewajiban yang dengan kata lain, kontraktor melaksanakan pekerjaan proyek sesuai dengan gambar rencana yang di buat mas mbak, mbak mas konsultan tadi.

Sebagai pelaksana konsultan proyek harus memiliki tugas kontraktor antara lain adalah memahami gambar desain, konsep dan spesfikasinya sebagai acuan didalam proyek, menyusun kembali metode pelaksanaan konstruksi dan jadwal pelakanaan pekerjaan. membuat evaluasi dan membuat laporan hasil pelaksanaan pekerjaan dilapangan. 

Secara garis besar sebuah proyek kontruksi alur kerjanya adalah owner memilih konsultan perencana sebagai perecanaan dalam konstruksi owner, kemudian konsultan memilih kontraktor sebagai pelaksana dari proyek kontruksi yang akan laksanakan, kemudian owner memilih konsultan pengawas untuk mengawasi pelaksanaan apakah pelaksana sesuai dengan gambar rencana yang akan dilaksanakan, jika tejadi ketidaksesuaian pihak pengawas akan memberikan surat kepada konsultan perencana sebagai teguran atas ketidaksesuaian perencana dan pelaksanaan.

"Negeri ini berdiri atas dasar fondasi semangat rakyat"

Sepertinya di sini saya sudah tidak melihat semangat semboyan ini dalam delek pemerintah.

"Corak agama menciptakan basis kelompok, basis kelompok mengahadirkan kultur kedua basisi ini di kendalikan atas perputaran ekonomi. Maka dari itu konsultan dan kontraktor tadi sudah terjadi transaksi ekonomi yang begitu besar,mokeh kita kembali lagi pada transaksi ekonomi apakah yang sudah dikeluarkan oleh peyedia jasa?"

Ada yang kita kenal dengan PPh jasa konstruksi, tertuang pada peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2008 

Tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha jasa konstruksi jasa konstruksi adalah layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, dan layanan jasa konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi, artinya jasa konstruksi dimulai dari tahap awal yakni konsultasi sampai dengan tahap akhir sebuah bangunan selesai dikerjakan.

Besaran nominal dalam jasa konstruksi di kenal dengan istilah kontrak,mnilai kontraknya inilah yang akan di kenakan PPh dalam peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2008 yang tarif di dalamnya sebagai berikut:

Tarif PPh Jasa Konstruksi

Selanjutnya, kita akan mengulas tarif pajak yang dikenakan atas jasa kontruksi. Jika mengacu pada PP No 5 Tahun 2008, tarifnya di bagi menjadi lima bagian:

  • 2% untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki kualifikasi usaha kecil.
  • 4% untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki kualifikasi usaha.
  • 3% untuk pelaksanaan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa selain penyedia jasa sebagaimana dimaksud dalam poin pertama dan kedua.
  • 4% untuk perencanaan konstruksi atau pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki kualifikasi usaha.
  • 6% untuk perencanaan konstruksi atau pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki kualifikasi usaha. 

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa tarif yang dikenakan bervariasi tergantung pada kondisi penyedia jasa konstruksi. Misalnya, jika penyedia jasa konstruksi memiliki kualifikasi usaha kecil, maka tarif yang dikenakan sebesar 2%.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong setiap penyedia jasa konstruksi agar berupaya mengembangkan perusahaannya menjadi lebih baik lagi.

"Jangan lupa tengok jam, di sudut kiri hp atas"

Kita lanjut....

Cara Menghitung PPh Jasa Konstruksi

Rumus perhitungan PPh jasa konstruksi adalah nilai kontrak yang belum termasuk PPN dikalikan tarif PPh jasa konstruksi, sedangkan untuk mekanisme pemotongannya, penyedia jasa langsung menyetor kepada kantor pajak. Kemudian untuk pengguna jasa diberikan surat pemberitahuan pemotongan PPh jasa konstruksi. Guna lebih memahami perhitungannya, simak baik – baik simulasi berikut:

Bapak Johan dengan jas, memakai kacamata dan rambut di cat berwarna merah datang ke kantor pusat pemilik peyedia jasa, hendak berencana membangun rumah di kawasan Gondanglegi, Malang Selatan. Untuk keperluan tersebut, dia mendatangi perusahaan konstruksi. Meski usaha konstruksi ini masih terbilang kecil namun Bapak Johan ingin mempercayakan pengerjaan rumahnya ke perusahaan tersebut.

"Jangan lupa lihat apa yang ada di depan mu"

Kita lanjut ...

Dia mengonsultasikan semuanya. Mulai dari perencanaan, tata letak bangunan, ukuran ruangan, pemilihan bahan bangunan sampai target pengerjaan. Setelah berdiskusi panjang lebar, sepakatlah kedua belah pihak untuk bekerjasama.

Perusahaan konstruksi kemudian memberikan dokumen yang di dalamnya terdapat rincian biaya yang dibutuhkan. Nah, rincian biaya inilah yang disebut dengan nilai kontrak. Dengan beberapa kali pertemuan dan pertimbangan, akhirnya rincian biaya disahkan di atas materai bernilai Rp 2 miliar. Bapak Johan kemudian menyetujui dengan syarat semua biaya akan dibayar lunas saat pengerjaan selesai. 

Sampai di sini mas mbak, mbak mas paham bukan?

Jika proyek banner di bayar di belakang seperti yang saya contohkan seperti Bapak Johan tadi, maka saya tarulah Bapak Johan tadi sebegai pemerintah yang kemudian memakai jasa Wika karya dan tiga perusahan anaknya untuk menjalakan proyek ini di banner, maka ruwetnya minta ampun, dan berakhir pada represif kepada warga semakin masif, dan tak segan segan warga harus menjadi korban atas ke brutalan pihak owner dan bala-balanya, istilahnya pihak pemerintah dan pihak konsultan serta kontraktor tidak mau kalah dongssss, sebab pemberi jasa sudah gelontorkan dana, survei saja semisal berapa puluh juta yang harus di keluarkan sebagai laporan, jelas-jelas nasib masyarakat Wadaslah yang akan di pertaruhkan tetapi konsultan juga tidak mau rugi, kerahkanlah segalah kekuatan yang mereka punya menjadi salah satu antisipasi dalam proyeksi tambang ini gagal tidak terjadi, maka ribuan aparat personil keamanan dikerahkan.

"Okeh jangan lupa langit sudah hitam, kalau ada jemuran ambil, kalau belum makan ayolah makan"

Saya lanjutkan lagi...

Nilai kontrak ini disimpan kedua belah pihak sebagai tanda bukti.

Setelah pengerjaan rumah selesai, Bapak Johan menepati janjinya dengan membayar nilai kontrak sebesar Rp 2 miliar. Karena penyedia jasa konstruksi adalah perusahaan yang memiliki kualifikasi usaha kecil, maka dikenakan tarif 3% sehingga perhitungannya akan seperti ini: 

Nilai Kontrak X Tarif PPh Jasa Konstruksi yaitu Rp 2 miliar x 3% = Rp 60.000.000

Dengan demikian, PPh jasa konstruksi yang harus disetor kepada kantor pajak adalah Rp 60 juta. Jumlah uang yang sudah dihitung sebagai Pajak Penghasilan Jasa Konstruksi harus dipotong dari Nilai Kontrak, lalu disetorkan dan dilaporkan dalam masa pajak yang sama yaitu maksimal 30 hari setelah pelunasan pembayaran.

"Masihkah ingat kalian dengan peristiwa Hayati dan Zainudin?"

Kita lanjut...

Setelah Perusahaan Konstruksi menyetor pajak tersebut dan melaporkannya, perusahaan itu akan mendapatkan bukti potong PPh final atas jasa konstruksi yang diberikan kepada Bapak Johan, kemudian bukti potong tersebut diberikan ke Bapak Johan dan dilaporkan pada akhir tahun pelaporan pajak sebagai pajak final dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak Bapak Johan.

Masalahnya mulai kita lihat secara luas rentetan yang terjadi di Wadas, gerakan propaganda yang di mainkan oleh sebagaimana masyarakat yang di luar malang, tidaklah berdampak pada keputusan pemerintah pusat agar gagalkan proyek ini, sejarah kemimpinan presiden Jokowi suara mahasiswa dan bebagai elemen masyarakat tidak pernah didengar suaranya, reformasi di korupsi gagal total geraknya tetap buruk kok anak kandung buah reformasi itu, dengan masa aksi begitu tumpah ruah di gedung DPR Malang Kota yang lebih dari satu hari, Omnibus law" ini masa aksi paling banyak yang pernah dilihat dalam dunia gerakan"

Kata seorang mahasiswa 90-an, nyatanya gagal juga padahal membatalkan kebijakan-kebijakan tadi, lantas apa yang terjadi hari ini dengan Wadas kedepan? yukkk pikirkan bersama.

Jangan lupa tabulasi dengan penolakan masyarakat Rembang yang sudah menang di jalur letigasi tapi dikejutkan oleh izin baru dari Pemerintah Provinsi.

Penulis: Rahmat Watimena

Editor: Reny Tiarantika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

Menampik Stigma Negatif, HMI Korkom UM Gandeng LPP HMI se-Cabang Malang Pada Kegiatan Open Recruitment

Dokumentasi: lapmimalang/Tahta Reza Gramang Atapukan Malang, LAPMI  – Senin (22/08/2022) Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat Universitas Negeri Malang (Korkom UM) serta seluruh komisariat yang ada di Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan open recruitment dan juga pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Islam kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 2 tahun lamanya tidak berjalan dikarenakan kondisi pandemi yang merebak.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penyelenggara menggandeng Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI se-Cabang Malang yang merupakan wadah bagi kader-kader HMI yang ingin mengembangkan diri serta bakat yang dimiliki. LPP yang diajak untuk ikut memperkenalkan HMI yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI). Tujuan dari keikutsertaan dari kedua LPP tersebut adalah ingin menampik stigma negatif mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus khususnya terh

Sapere Aude

Alfandy Usman, Kader HMI Komisariat Teknik UMM, Kabiro Eksternal BEM Fakultas Teknik UMM periode 2022/2023 Malang, LAPMI - Bjorka seorang hacker asing yang akhir-akhir ini viral karena melakukan penyerangan terhadap pemerintah Indonesia dan disanjung-sanjung oleh masyarakat, lantaran berhasil membocorkan kasus HAM sebesar peristiwa Munir dan di sebarkan di media sosial. Kita berterimakasih jika itu merupakan tindakan alternatif untuk menuntaskan peristiwa yang didiamkan oleh pemerintah. Akan tetapi, kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya bersifat reflektif dan selektif dalam artian bertindak dan berpikir diluar pola pikir yang dibangun secara umum. Maka dari itu mari bersikap netral untuk tidak memihak salah satu dari kedua belah pihak sebelum menyelidiki untuk memastikan kebenaran yang tervalidasi. Untuk itu mari melihat sudut pandang yang berbeda dari polemik yang ada, sebelum membangun persepsi yang sudah ter-freming, sebab dengan kecurigaan kebenaran selalu ada. Karena yang palsu