Langsung ke konten utama

Sambut Bulan Suci Ramadhan, HMI Cabang Yogyakarta Laksanakan MUSLEM LAPMI Untuk Jaga Semangat Literasi

Dokumentasi: Ammar Mahir Hilmi

Malang, LAPMI - Dalam upayanya untuk menjaga semangat literasi bagi para kadernya, HMI Cabang Yogyakarta melalui bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi menyelenggarakan Musyawarah Lembaga (MUSLEM) Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) di gedung pusat kebudayaan Lafran Pane, Kota Yogyakarta, Sabtu-Minggu, 2-3 April 2022. Hasil dari musyawarah lembaga ini salah satunya yaitu memutuskan dan menetapkan saudara Nasruddin sebagai formatur/direktur utama LAPMI Sinergi HMI Cabang Yogyakarta untuk peridoe 2022-2023.

Selain untuk menyambut momen bulan suci Ramadhan, diselenggarakannya musyawarah ini juga bertujuan untuk mengaktifkan kembali LAPMI Sinergi yang sempat vakum dalam beberapa tahun terkahir ini. Saudara Agung Pranoto selaku ketua bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) HMI Cabang Yogyakarta sekaligus tim karateker yang menisiasi terselenggaranya MUSLEM ini dalam keterangannya mengatakan bahwa terselenggaranya musyawarah ini sebagai jawaban atas keresahan tidak terwadahinya kader-kader HMI Cabang Yogyakarta dalam berproses dan mengaktualkan potensinya. Selain itu, kembali aktifnya LAPMI Sinergi ini diharapkan akan menjadi ruang berproses bagi para kader yang mempunyai minat di bidang literasi dan jurnalistik.

“Kevakuman LAPMI Sinergi HMI Cabang Yogyakarta tentu menjadi keprihatinan bersama. Kevakuman LAPMI Sinergi telah merampas banyak potensi banyak kader yang seharusnya diwadahi oleh LAPMI untuk bisa menjadi ruang berproses dan berkarya kader.” ucap Agung pada penyampaian general report di sela-sela acara. “Alhamdulillah di awal bulan suci ini kita bisa melaksanakan MUSLEM LAPMI Sinergi. Tentu ini harus disambut baik oleh banyak pihak karena memang banyak yang rindu kader-kader HMI bisa berkarya di LAPMI Sinergi.” ujarnya menambahkan.

Senanda dengan upaya menjaga semangat literasi, saudara Nasruddin selaku formatur/direktur utama LAPMI Sinergi dalam sambutan kemenangannya mengungkapkan akan pentingnya kehadiran media sebagai tindakan untuk mengekspresikan diri. Aktifnya Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Sinergi diharapkan akan menjadi wadah bersama sekaligus sebagai media alternatif untuk membendung banyaknya informasi-informasi yang muncul di tengah gempuran media sosial.

“Perlu adanya media atau wadah bersama sebagai tandingan karena hari ini kita terlalu sentral pada media konvensional yang hari ini dihadiri oleh penguasa. Melalui musyawarah ini, diharapkan kedepannya kita mampu menjadikan LAPMI sebagai media perjuangan kita sekaligus ekspresi keresahan kita selama ini yang mungkin tidak bisa kita ekspresikan.” Ungkap Nasruddin.

Menutup rangkaian agenda musyawarah, Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta Anas Kurniawan juga menekankan kemampuan kader dalam mengekspresikan diri dan mengungkapkan kegelisahannya dalam bentuk tulisan. “Yang kita butuhkan itu minat dan bakan menulis kader. Kemampuan menulis, kemampuan, mengkritisi, dan kemampuan melihat berbagai masalah yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Kata Anas.

Melalui wadah lembaga pers ini, diharapkan seluruh kader yang berada di bawah naungan HMI Cabang Yogyakarta utamanya yang berminat di bidang kepenulisan dan pers bisa secara bersama-sama meningkatkan kualitas diri dan memajukan komisariat masing-masing serta menjaga tradisi intelektual dari HMI Cabang Yogyakarta. “Kita sama-sama berproses di sini, kita sama-sama punya pengetahuan, kita sama-sama punya keresahan, sama-sama punya sesuatu yang ingin kita lakukan. Maka dari itu teman-teman yang mempunyai minat di bidang kepenulisan dan pers harapannya bisa berproses di LAPMI Sinergi untuk sama-sama meningkatkan kualitas diri, kualitas komisariat, dan menjaga kultur HMI Cabang Yogyakarta.” tutup Anas mengakhiri sambutannya sekaligus menutup secara resmi agenda musyawarah lembaga.

Penulis: Ammar Mahir Hilmi
Editor: Reny Tiarantika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

Menampik Stigma Negatif, HMI Korkom UM Gandeng LPP HMI se-Cabang Malang Pada Kegiatan Open Recruitment

Dokumentasi: lapmimalang/Tahta Reza Gramang Atapukan Malang, LAPMI  – Senin (22/08/2022) Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat Universitas Negeri Malang (Korkom UM) serta seluruh komisariat yang ada di Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan open recruitment dan juga pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Islam kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 2 tahun lamanya tidak berjalan dikarenakan kondisi pandemi yang merebak.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penyelenggara menggandeng Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI se-Cabang Malang yang merupakan wadah bagi kader-kader HMI yang ingin mengembangkan diri serta bakat yang dimiliki. LPP yang diajak untuk ikut memperkenalkan HMI yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI). Tujuan dari keikutsertaan dari kedua LPP tersebut adalah ingin menampik stigma negatif mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus khususnya terh

Sapere Aude

Alfandy Usman, Kader HMI Komisariat Teknik UMM, Kabiro Eksternal BEM Fakultas Teknik UMM periode 2022/2023 Malang, LAPMI - Bjorka seorang hacker asing yang akhir-akhir ini viral karena melakukan penyerangan terhadap pemerintah Indonesia dan disanjung-sanjung oleh masyarakat, lantaran berhasil membocorkan kasus HAM sebesar peristiwa Munir dan di sebarkan di media sosial. Kita berterimakasih jika itu merupakan tindakan alternatif untuk menuntaskan peristiwa yang didiamkan oleh pemerintah. Akan tetapi, kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya bersifat reflektif dan selektif dalam artian bertindak dan berpikir diluar pola pikir yang dibangun secara umum. Maka dari itu mari bersikap netral untuk tidak memihak salah satu dari kedua belah pihak sebelum menyelidiki untuk memastikan kebenaran yang tervalidasi. Untuk itu mari melihat sudut pandang yang berbeda dari polemik yang ada, sebelum membangun persepsi yang sudah ter-freming, sebab dengan kecurigaan kebenaran selalu ada. Karena yang palsu