Langsung ke konten utama

Mahasiswa Wajib Tahu: 10 Situs Mempermudah Tugas Akhir Cepat Selesai



Malang, LAPMI - Mahasiswa tingkat akhir pasti tidak pernah jauh-jauh dari tugas akhir, baik itu skripsi, tesis, ataupun disertasi. Proses mengerjakan tugas akhir yang menguras waktu dan tenaga dalam memperoleh data penelitian tentu sangat menjenuhkan, dan kadang bikin kamu merasa putus asa.

Sumber data penelitian yang kurang membuat tugas akhir mengalami hambatan. Tapi tenang, sekarang ini sudah banyak situs yang menyediakan referensi data dan informasi lengkap. Situs-situs ini dijamin bikin tugas akhir kamu jadi terasa mudah dan cepat selesai. Berikut ini merupakan 10 situs gratis untuk mempermudah mengerjakan tugas akhir yang telah LAPMI MEDIA rangkum dari berbagai sumber.

1. Directory of Open Acces Scholarly Resources (ROAD)


Pada situs ini, terdapat 13.745 penelitian gratis dari 150 negara yang siap diunduh. Terdiri dari 13.062 jurnal dimana 2.625 terindex Scopus, 240 Academic Repositories, 202 Monographic Series, 126 Conference Proceeding, dan 103 Scholar Blogs.

2. Indonesia One Search by The National Library of Indonesia


Terhimpun jurnal dan ebook dari berbagai institusi dalam dan luar negeri. Terdapat 21.473.752 artikel jurnal full text dengan 2.734 jurnal bereputasi berbagai bidang ilmu. Kamu tidak perlu login untuk mengunduh jurnal tersebut.

3. Free-eBooks


Situs ini merupakan salah satu situs ebook yang terkenal. Pada situs ini tersedia bermacam-macam ebook dengan berbagai jenis genre dan kategori. Selain ebook, kamu juga dapat mengunduh jurnal bahkan majalah. Untuk mengunduh, kamu harus terlebih dahulu menjadi member situs tersebut. Jangan khawatir, untuk menjadi member, tidak diperlukan biaya registrasi.

4. Free Computer Books


Khusus untuk mahasiswa jurusan IT atau Komputer, situs ini sangat kami rekomendasikan. Pasalnya, situs ini merupakan situs khusus bagi kamu mahasiswa dengan jurusan komputer. Disini terdapat berbagai macam koleksi buku seperti komputer, programming, matematika, technical books, bahkan lectur notes dan tutorial loh. Situs ini mengkategorikan koleksi ebooknya berdasarkan jenis, dengan 12 kategori utama dan lebih dari 150 sub kategori. Jangan khawatir, kamu dapat mengakses dan mengunduh ebook ini secara gratis!

5. OMICS Open Acces Journals


Pada situs ini, terdapat lebih dari 700 jurnal internasional dengan pembaca lebih dari 15 juta di seluruh dunia. Jurnal ini dikhususkan untuk mahasiswa kesehatan atau kedokteran.

6. Bookfi.net


Dengan koleksi lebih dari 2 juta ebook dan jurnal, situs ini berhasil menjadi situs ebook multilanguange terkenal. Tampilan situs yang simpel semakin memudahkanmu untuk mencari bahan penelitian. Kamu hanya perlu memasukkan keyword berupa judul, author, atau topik berkaitan, dan keluarlah ebook yang kamu mau.

7. Google Scholar/ Cendekia


Situs ini merupakan situs yang paling terkenal di kalangan mahasiswa. Situs yang dinaungi oleh Google ini menyimpan berjuta-juta materi pelajaran berupa makalah, peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel yang berasal dari berbagai sumber akademis.

8. Directory of Open Acces Journal (DOAJ)


Situs ini memiliki lebih dari 2 juta koleksi artikel dan lebih dari 11 ribu koleksi jurnal dari 123 kota. Tak heran jika jurnal dalam situs ini terdiri dari berbagai bahasa/multilanguage seperti Bahasa China, Spanyol, dan lain sebagainya. Untuk mencari artikel atau jurnal, kamu bisa langsung mengklik search di baris menu. Tapi jika kamu mau mencari jurnal atau artikel berdasarkan kategori, kamu dapat mengklik tab subject di bagian menu baris.

9. Bookboon.com



Situs ini menyediakan lebih dari 1000 ebook secara gratis dengan 10 kategori dan masing-masing memiliki sub kategori. Tampilan yang minimalis dan menyegarkan dapat membuatmu lebih semangat dalam mencari buku yang kamu mau. Situs ini juga menawarkan pelayanan premium, dimana kamu akan dapat mengakses dan mengunduh lebih banyak buku.

10. Science Direct



Meskipun terkenal dengan situs berbayar, situs ini juga menyediakan konten open acces dimana kamu dapat mengunduh lebih dari 250 ribu jurnal. Jika kamu menemui kendala dalam mengunduh jurnal (jurnal terkunci dan tidak bisa diunduh), kamu dapat membuka tautan http://sci-hub.la/ dan mengcopy paste tautan jurnal yang kamu inginkan ke situs tersebut.

Sekarang tak perlu khawatir lagi kalau tugas akhir kamu kekurangan refensi. situr yang diuraikan diatas dapat membantu kamu dalam menemukan referensi. Selamat mencoba.

Penulis: Reny Tiarantika
Editor: Jihadul Amry

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

Menampik Stigma Negatif, HMI Korkom UM Gandeng LPP HMI se-Cabang Malang Pada Kegiatan Open Recruitment

Dokumentasi: lapmimalang/Tahta Reza Gramang Atapukan Malang, LAPMI  – Senin (22/08/2022) Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat Universitas Negeri Malang (Korkom UM) serta seluruh komisariat yang ada di Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan open recruitment dan juga pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Islam kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 2 tahun lamanya tidak berjalan dikarenakan kondisi pandemi yang merebak.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penyelenggara menggandeng Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI se-Cabang Malang yang merupakan wadah bagi kader-kader HMI yang ingin mengembangkan diri serta bakat yang dimiliki. LPP yang diajak untuk ikut memperkenalkan HMI yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI). Tujuan dari keikutsertaan dari kedua LPP tersebut adalah ingin menampik stigma negatif mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus khususnya terh

Sapere Aude

Alfandy Usman, Kader HMI Komisariat Teknik UMM, Kabiro Eksternal BEM Fakultas Teknik UMM periode 2022/2023 Malang, LAPMI - Bjorka seorang hacker asing yang akhir-akhir ini viral karena melakukan penyerangan terhadap pemerintah Indonesia dan disanjung-sanjung oleh masyarakat, lantaran berhasil membocorkan kasus HAM sebesar peristiwa Munir dan di sebarkan di media sosial. Kita berterimakasih jika itu merupakan tindakan alternatif untuk menuntaskan peristiwa yang didiamkan oleh pemerintah. Akan tetapi, kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya bersifat reflektif dan selektif dalam artian bertindak dan berpikir diluar pola pikir yang dibangun secara umum. Maka dari itu mari bersikap netral untuk tidak memihak salah satu dari kedua belah pihak sebelum menyelidiki untuk memastikan kebenaran yang tervalidasi. Untuk itu mari melihat sudut pandang yang berbeda dari polemik yang ada, sebelum membangun persepsi yang sudah ter-freming, sebab dengan kecurigaan kebenaran selalu ada. Karena yang palsu