Langsung ke konten utama

Mahasiswa Baru Harus Tahu: Tips Sukses Taklukkan Dunia Kampus

Ilustrasi: Zona Mahasiswa

Malang, LAPMI - Berubah menjadi status mahasiswa adalah momen yang paling menegangkan untuk ditunggu-tunggu. Siap-siap duduk di depan laptop dan mendapatkan email dari kampus impian bahwa kita diterima untuk kuliah di jurusan yang kita inginkan, selalu jadi harapan semua pelajar SMA. Tentunya dunia mahasiswa baru akan jauh berbeda dengan masa sekolah, mulai dari suasana, pertemanan, sistem pembelajaran, hingga tantangan yang akan kamu hadapi. Tidak jarang, banyak pelajar yang masih merasa khawatir dan cemas saat menghadapi masa-masa perubahan jadi mahasiswa baru (maba) di kampus.

Biasanya sebagai mahasiswa baru yang paling ditakuti adalah saat masa-masa menuju orientasi, bertemu dengan para senior, dan mendapatkan tugas yang bertubi-tubi. Namun, sebenarnya menjalani kehidupan awal menjadi mahasiswa baru itu merupakan hal yang menyenangkan loh khususnya saat orientasi. Tidak semua kampus memiliki orientasi seperti yang kamu takuti, bahkan tidak jarang kamu akan menemukan banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang kampus dan jurusanmu saat di masa orientasi. Kesuksesan seorang mahasiswa di kampus bisa dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari sistem perkuliahan, budaya mengajar, dosen, lingkungan, keluarga, dan yang paling penting diri sendiri.

Banyak mahasiswa yang mengejar prestasi di bidang akademik namun lupa untuk mengasah potensinya di bidang non-akademik. Mungkin saat kamu masih SMA, fokus di akademik aja menjadi pilihan utama, tapi saat kamu menyentuh dunia perkuliahan, kamu harus memiliki skill dan kemampuan yang seimbang antara akademik dan non-akademik. Saat menjadi seorang mahasiswa baru, kamu akan menemukan banyak sekali kegiatan yang memaksamu untuk terus beradaptasi dengan keadaan perkuliahan.

Kamu tau tidak? Waktu jadi Maba, kamu harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Beda banget dengan dunia SMA, saat kuliah kamu akan diajari dan dilatih untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam bidang akademik maupun non-akademik, sehingga sejak awal perkuliahan, kamu akan diperkenalkan dengan banyak sekali kegiatan atau acara kampus yang sedang berjalan! Nah, supaya kamu gak galau gimana caranya beradaptasi, LAPMI MEDIA akan kasih kamu tips dan trik menjadi mahasiswa baru di kampus:

Manfaatkan Masa Ospek Untuk Mengenali Kampus Barumu
Ospek merupakan masa orientasi atau pengenalan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus. Namun sayangnya, banyak para maba yang takut atau ragu untuk mengikuti ospek karena alasan takut dimarahi-marahi senior, padahal masa orientasi ini memiliki banyak manfaat bagi para maba untuk bisa survive selama 4 tahun kedepan. Contohnya di masa ospek ini, kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai daerah. Walaupun tidak satu jurusan siapa tahu merekalah yang akan menjadi teman sejatimu selama kuliah. Selain itu ospek melatih mental para maba agar siap menghadapi masa-masa kuliah yang penuh rintangan. Ingat, jadi mahasiswa tidak sama dengan jadi pelajar SMA, di sini kamu dituntut untuk mandiri dan mampu menghadapi tantangan.

Menjadi Lebih Aktif dan Mandiri
Menjadi mahasiswa kamu harus lebih mandiri dan aktif. Jangan sampai kamu masih terbawa seperti waktu SMA. Menjadi seorang mahasiswa menuntut kamu untuk bisa berkomunikasi dan melakukan segala hal dengan mandiri.

Rajin Berkoordinasi Dengan Teman
Sudah tidak jaman hanya berdiam diri di kelas dan tidak melakukan kegiatan apa-apa pasca perkuliahan. Inilah saatnya kamu harus rajin untuk berkoordinasi dengan teman. Entah itu berkoordinasi seputar pelajaran ataupun organisasi. Disinilah kamu akan memulai belajar untuk memasuki kehidupan dewasa dan dunia kerja. Jika kamu bisa berkoordinasi dengan baik, maka gak mustahil jika kamu sudah siap untuk memasuki fase dunia kerja setelah lulus nanti.

Mulai Ubah Mindset
Yaps, menjadi mahasiswa tidak sama dengan siswa. Seluruh proses belajar mengajar tak harus dituntun dan diawasi oleh guru. Mahasiswa harus rajin untuk mengejar materi yang diberikan dosen. Biasanya sih dosen hanya memberikan ulasan mengenai materi perkuliahan tersebut. Sisanya, mahasiswa harus membaca dan mencari berbagai literasi untuk memenuhi materi tersebut.

Bisa Mengatur Waktu Dengan Baik
Saat berkuliah nanti, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam kegiatan perkuliahan ataupun kegiatan organisasi. Untuk itu, kamu wajib untuk bisa melakukan managing waktu dengan baik dan benar. Kamu harus bisa memilih prioritas kegiatan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Pantang Menyerah
Satu hal yang harus kamu miliki selama mengenyam pendidikan adalah jiwa pantang menyerah. Yaps, mungkin di awal masuk perguruan tinggi kamu bakal sedikit kaget dengan segala mata kuliah yang berbeda. Namun, kamu harus tetap semangat ya. Jangan sampai kamu malas dan menyerah untuk mengikuti perkuliahan tersebut.

Kenali Karakteristik Dosen
Kamu harus bisa mengenali karakteristik dosen yang mengajar kamu nantinya. Dengan mengenal karakteristik dosen, kamu bisa menyesuaikan model dan strategi belajarmu. Hal ini bisa membantu kamu untuk menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan.

Cari Gaya Belajar yang Paling Ideal
Tips menjadi mahasiswa baru yang selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajar yang paling ideal dan cocok untukmu. Ini bisa jadi salah satu kunci kesuksesan di dunia perkuliahan. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang suka belajar di malam hari hingga subuh, ada juga yang suka belajar di pagi hari, ada yang senang belajar dengan mendengarkan lagu, dan ada juga yang belajar dengan kondisi yang tenang. Cobalah untuk mencari gaya belajar yang ideal untukmu, karena kamu bisa memiliki persiapan jika tugas-tugas kuliah mulai menumpuk.

Untuk memasuki fase baru dalam hidup, memang butuh adaptasi dan usaha yang ekstra untuk melakukannya. Namun, kamu harus tahu di fase inilah kamu banyak belajar untuk bisa menjadi sukses di kemudian hari. Meskipun dunia perkuliahan masih terbilang awam untukmu, namun kamu harus tetap tegar dan semangat dalam menjalankan perkuliahan tersebut. So, buat kamu yang barusan menjadi mahasiswa baru, biar tidak bingung lagi menghadapi dunia kuliah, tips diatas tersebut bisa kamu lakukan sebaik mungkin. Dengan begitu perkuliahan kamu akan tetap berjalan dengan lancar.

Penulis: Reny Tiarantika
Editor: Jihadul Amry

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

Menampik Stigma Negatif, HMI Korkom UM Gandeng LPP HMI se-Cabang Malang Pada Kegiatan Open Recruitment

Dokumentasi: lapmimalang/Tahta Reza Gramang Atapukan Malang, LAPMI  – Senin (22/08/2022) Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat Universitas Negeri Malang (Korkom UM) serta seluruh komisariat yang ada di Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan open recruitment dan juga pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Islam kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 2 tahun lamanya tidak berjalan dikarenakan kondisi pandemi yang merebak.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penyelenggara menggandeng Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI se-Cabang Malang yang merupakan wadah bagi kader-kader HMI yang ingin mengembangkan diri serta bakat yang dimiliki. LPP yang diajak untuk ikut memperkenalkan HMI yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI). Tujuan dari keikutsertaan dari kedua LPP tersebut adalah ingin menampik stigma negatif mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus khususnya terh

Sapere Aude

Alfandy Usman, Kader HMI Komisariat Teknik UMM, Kabiro Eksternal BEM Fakultas Teknik UMM periode 2022/2023 Malang, LAPMI - Bjorka seorang hacker asing yang akhir-akhir ini viral karena melakukan penyerangan terhadap pemerintah Indonesia dan disanjung-sanjung oleh masyarakat, lantaran berhasil membocorkan kasus HAM sebesar peristiwa Munir dan di sebarkan di media sosial. Kita berterimakasih jika itu merupakan tindakan alternatif untuk menuntaskan peristiwa yang didiamkan oleh pemerintah. Akan tetapi, kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya bersifat reflektif dan selektif dalam artian bertindak dan berpikir diluar pola pikir yang dibangun secara umum. Maka dari itu mari bersikap netral untuk tidak memihak salah satu dari kedua belah pihak sebelum menyelidiki untuk memastikan kebenaran yang tervalidasi. Untuk itu mari melihat sudut pandang yang berbeda dari polemik yang ada, sebelum membangun persepsi yang sudah ter-freming, sebab dengan kecurigaan kebenaran selalu ada. Karena yang palsu