Langsung ke konten utama

Indonesia Menginjak Jantung: Harga BBM Melonjak

Ilustrasi: Akuratnews

Malang, LAPMI - Presiden Indonesia Joko Widodo pada Sabtu menaikkan beberapa harga bahan bakar sekitar 30% untuk menahan pengeluaran yang membengkak untuk subsidi energi di ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu. Langkah ini berisiko memicu protes dan tekanan harga lebih lanjut, meskipun analis melihat perlunya bertindak untuk memastikan disiplin fiskal.

Indonesia menaikkan harga bensin beroktan 90 yang paling populer, yang dikenal sebagai Pertalite, menjadi Rp 10.000 per liter, naik dari Rp 7.650. Kementerian keuangan mengatakan biaya produksi Pertamina untuk jenis bahan bakar ini adalah Rp 14.450 per liter. Harga solar naik menjadi Rp 6.800 per liter, dari Rp 5.150, dibandingkan dengan biaya produksi Rp 13.950.

Jokowi, sapaan akrab presiden, juga menaikkan harga bensin beroktan 92, Pertamax, menjadi Rp 14.500 per liter, dari Rp 12.500. Pertamina tidak menerima ganti rugi atas kerugian penjualan Pertamax. Pemerintah telah melipat gandakan belanja subsidi energi tahun ini dari anggaran awal menjadi Rp 502,4 triliun untuk menjaga harga bahan bakar bersubsidi dan beberapa tarif listrik tidak berubah di tengah harga energi global yang tinggi.

Hal ini mengakibatkan disparitas harga yang semakin lebar antara BBM bersubsidi dan nonsubsidi, sehingga mendorong konsumen untuk beralih ke BBM yang lebih murah. Beberapa ekonom mengatakan kenaikan harga bahan bakar tahun ini akan mengurangi risiko pengeluaran yang berlebihan pada tahun 2023 ketika pemerintah harus menurunkan defisit fiskal di bawah 3% dari PDB.

MENGAPA HARGA BAHAN BAKAR NAIK KONTROVERSIAL?

Harga bahan bakar merupakan isu politik yang sensitif di Indonesia dan dengan bahan bakar bersubsidi mencapai lebih dari 80% dari penjualan Pertamina, perubahan tersebut akan memiliki implikasi besar bagi rumah tangga dan usaha kecil. Perusahaan besar dilarang membeli BBM bersubsidi untuk operasionalnya.

Kenaikan harga sebelumnya telah menyebabkan protes massal di seluruh nusantara, termasuk ketika Jokowi terakhir kali menaikkan harga bahan bakar pada tahun 2014. Kenaikan harga saat ini terjadi pada saat harga pangan sudah cenderung naik. Inflasi Agustus tercatat 4,69%, di atas kisaran target bank sentral selama tiga bulan berturut-turut. Pemerintah minggu ini mulai mendistribusikan uang tunai dari dana perlindungan sosial untuk meredam tekanan harga bagi masyarakat miskin. Tidak menutup kemungkinan bantuan pemerintah tidak cukup mampu menutupi segala kekurangan masyarakat tapi pasti akan terjadi aksi-aksi yang begitu besar dari pada hari senin ini. Pandemi disuruh cari makan dan cari selamat sendiri-sendiri. Baru mulai bangkit, dihantam dengan kenaikan barang upah yang tak bergerak dan sekarang digenapi kenaikan bbm.

APA YANG TERJADI DENGAN ANGGARAN SUBSIDI SEKARANG?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan meski harga BBM naik, belanja subsidi energi pemerintah masih akan membengkak. Dia memperkirakan alokasi subsidi energi tahun ini berkisar antara Rp 591 triliun hingga Rp 649 triliun setelah kenaikan harga, dengan asumsi Harga Minyak Mentah Indonesia bergerak antara 1.265.059,25 Rupiah hingga 1.488.305,00 Rupiah per barel untuk sisa tahun ini. Pemerintah dapat mengalihkan sekitar 100 triliun rupiah pembayaran subsidi hingga 2023, sambil menunggu persetujuan parlemen, kata Sri Mulyani.

Dia tidak memberikan penilaian tentang bagaimana kenaikan harga akan mempengaruhi prospek defisit anggaran 2022. Perkiraan terbarunya adalah untuk kesenjangan fiskal yang setara dengan 3,92% dari PDB.

Penulis: Ikbal Al Habsis/ Komisariat KIP UMM
Editor: Reny Tiarantika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

Menampik Stigma Negatif, HMI Korkom UM Gandeng LPP HMI se-Cabang Malang Pada Kegiatan Open Recruitment

Dokumentasi: lapmimalang/Tahta Reza Gramang Atapukan Malang, LAPMI  – Senin (22/08/2022) Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat Universitas Negeri Malang (Korkom UM) serta seluruh komisariat yang ada di Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan open recruitment dan juga pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Islam kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 2 tahun lamanya tidak berjalan dikarenakan kondisi pandemi yang merebak.  Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penyelenggara menggandeng Lembaga Pengembangan Profesi (LPP)  HMI se-Cabang Malang yang merupakan wadah bagi kader-kader HMI yang ingin mengembangkan diri serta bakat yang dimiliki. LPP yang diajak untuk ikut memperkenalkan HMI yaitu Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI). Tujuan dari keikutsertaan dari kedua LPP tersebut adalah ingin menampik stigma negatif mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus khususnya terh

Sapere Aude

Alfandy Usman, Kader HMI Komisariat Teknik UMM, Kabiro Eksternal BEM Fakultas Teknik UMM periode 2022/2023 Malang, LAPMI - Bjorka seorang hacker asing yang akhir-akhir ini viral karena melakukan penyerangan terhadap pemerintah Indonesia dan disanjung-sanjung oleh masyarakat, lantaran berhasil membocorkan kasus HAM sebesar peristiwa Munir dan di sebarkan di media sosial. Kita berterimakasih jika itu merupakan tindakan alternatif untuk menuntaskan peristiwa yang didiamkan oleh pemerintah. Akan tetapi, kita sebagai mahasiswa sudah sepatutnya bersifat reflektif dan selektif dalam artian bertindak dan berpikir diluar pola pikir yang dibangun secara umum. Maka dari itu mari bersikap netral untuk tidak memihak salah satu dari kedua belah pihak sebelum menyelidiki untuk memastikan kebenaran yang tervalidasi. Untuk itu mari melihat sudut pandang yang berbeda dari polemik yang ada, sebelum membangun persepsi yang sudah ter-freming, sebab dengan kecurigaan kebenaran selalu ada. Karena yang palsu