Langsung ke konten utama

Aliansi Cipayung Plus Kota Malang Turun Aksi, Begini Tuntutannya

Dokumentasi: Lapmimalang

Malang, LAPMI – Mahasiswa yang tergabung pada Aliansi Cipayung plus Kota Malang mengadakan aksi di kantor DPRD kota Malang. Aksi yang digelar pada Kamis (14/04/22) ini mendapatkan penjagaan ketat dari aparat kepolisian. 

Massa aksi yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Para demonstran menuntut pemerintah agar menurunkan harga BBM juga menuntut pemerintah Kota Malang agar di Kota Malang tidak terjadi kelangkaan stok BBM, menolak adanya kenaikan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan mengusut tuntas kelangkaan minyak goreng juga melakukan transparasi oleh pihak satgas (POLRI) yang bertugas dalam penindak lanjutan pada mafia-mafia minyak goreng.

Dokumentasi: Lapmimalang

Ditengah massa aksi yang sedikit kisruh Ketua DPRD kota Malang, I Made Riandiana Kartika bersama Wakil Ketua III DPRD Kota Malang, Rimzah keluar dan duduk bersama ditengah jalan bersama ratusan massa aksi aliansi cipayung.  Aliansi Cipayung juga membacakan pasal-pasal yang menjadi tuntutan dari aksi tersebut dengan berdialog langsung bersama Ketua DPRD Kota Malang juga para massa aksi. 

La Rian Hidayat selaku Ketua Umum HMI Cabang Malang berujar “Sejauh mana yang dilakukan Pemkot Malang beserta pihak kepolisian, karna sampai saat ini para mafia minyak goreng belum ditangkap, artinya ini mengindikasikan kerja-kerja yang dilakukan pemerintah masih nihil hasilnya"

“Pertanyaanya apakah pemkot ini kalah atau takut dengan para mafia?”, tegas La Rian Hidayat, ia berpendapat bahwa tidak ada alasan pemerintah untuk takut dengan pihak mafia, ia juga meminta para pemerintah mengevaluasi lagi kinerja mereka. 

Ketua DPRD kota Malang mengajak para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Cipayung untuk ikut serta dalam sidak pasar yang dilakukan mulai Senin sampai H-2 idul fitri mendatang. 

“Tadi sebelum saya menemui para aksi dari cipayung ini saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kota Malang, ayo kita kawal bersama-sama, minggu depan mulai Senin sampai dengan 2 hari menjelang hari raya akan dilaksanakan operasi sembako di seluruh pasar, mari kita kawal bersama mari kita buktikan bersama-sama”, ujar ketua DPRD.

Ketua DPRD akan kerahkan sekitar 45 anggota dewan untuk turun lapang pada sidak seluruh pasar Kota Malang. Ketua DPRD juga sudah berkoordinasi dengan sekretariat DPR RI mengenai tuntutan 2 Aliansi Cipayung dan BEM Malang Raya untuk ditindak lanjuti oleh fraksi yang ada dipusat, dan terkait kebijakan-kebijakan yang ada didaerah akan pemerintah Kota Malang tindak lanjuti dan evaluasi bersama. I Made Riandiana Kartika, selaku ketua DPRD Kota Malang kemudian menandatangani dokumen yang berisikan tuntutan dari massa aksi aliansi Cipayung. 

Ketua DPRD juga meminta kepada teman-teman Cipayung untuk tetap mengawal pemerintah Kota Malang dan meminta agar masa aksi bubar secara damai. Masa aksi dari aliansi Cipayung tersebut perlahan meninggalkan lokasi dengan tertib dan kembali ke titik awal pemberangkatan di Stadion Gajayana.

Penulis: Ai Novia H.
Editor: Reny Tiarantika


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadiri Pelantikan Pengurus MD KAHMI Kota Malang, Menko PMK RI: KAHMI Malang Harus Bisa Memberi Arti Peranannya di Malang Raya

Dokumentasi : Rafindi  Malang, LAPMI  - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kota Malang Periode 2021-2026, terhitung sebanyak 67 orang yang telah dilantik oleh Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur. Pelantikan tersebut berlangsung di Regents Park Hotel, pada Minggu (30/01/2022). Selain Menko PMK RI, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Presidium MN KAHMI Manimbang Kahariady, Presidium MW KAHMI Jawa Timur Edy Purwanto, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika beserta para tokoh dan tamu undangan lainnya. Dalam momentum pelantikan yang bertemakan "Berperan Aktif dalam Kemaslahatan Publik di Era Disrupsi" tersebut, Muhadjir Effendy berkesempatan untuk memberikan pidato kebudayaan. Saat pidato berlangsung Muhadjir berpesan Kepada jajaran Pengurus MD KAHMI Kota Malang yang baru saja dilantik, bahwa KAHMI merup

HMI Komisariat Unitri Sukses Gelar Basic Training

Dokumentasi: HMI Komisariat Unitri Malang, LAPMI - Himpunan Mahasiswa Islam, Cabang Malang, Komisariat Unitri, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Sukses gelar Basic Training (Latihan Kader 1) dengan tema "Terbinanya Kepribadian Muslim yang Berkualitas Akademis, Sadar Akan Fungsi dan Perannya dalam Berorganisasi Serta Hak dan Kewajibannya Sebagai Kader Umat dan Kader Bangsa". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Graha Yakusa, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. pada tanggal 05 sampai 07 November. Minggu, (07/11/2021)  Agus Salim sebagai PJ ketua pelaksana menyampaikan, sebanyak 30 kader Komisariat Unitri yang telah mengikuti LK dan ada 5 peserta dari komisariat lain yang juga menitipkan kadernya, jadi total peserta forum ada 35 kader yang mengikuti Basic Training pada tahun ini. "Alhamdulillah ada 30 Kader asli komisariat Unitri yang telah mengikuti LK pada tahun ini, dan ada juga beberapa kader titipan dari komisariat lain, yaitu Komisariat Mulla Shadra d

Gelar Basic Training LK 1, HMI Komisariat Mulla Shadra Tekankan Aspek Cinta Kader terhadap Organisasi

Dokumentasi: lapmimalang/ Rafindi Malang, LAPMI- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Cabang Malang Komisariat Mulla Shadra mengadakan kegiatan Basic Training Latihan Kader 1 (LK 1). Minggu, (21/03/2021). Kegiatan LK 1 kali ini dilaksanakan di Graha Yakusa Jln. Hasyim Asyari Kec. Pagelaran, dengan mengangkat tema "Terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, serta sadar akan fungsi dan perannya dalam organisasi". Kegiatan Basic Training tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari Jum'at - Minggu tanggal 19 - 21 Maret 2021 dengan peserta sebanyak 16 orang. Sekretaris pelaksana Mimin Sulastry mengatakan dasar mengangkat tema ini dengan alasan agar kader lebih menumbuhkan rasa cinta terhadap organisasi dan dapat berproses dengan baik serta kedepannya kader-kader yang telah mengikuti LK 1 ini lebih sadar akan fungsi dan perannya. "Harapan kedepannya kader tetap berproses karena mereka akan menghadapi beberapa macam tantangan karena ini baru permulaan nanti kedep